Kamis, Juni 09, 2016

Kamis, Juni 09, 2016

Jakarta -Hallo, salam detikOto. Motor saya Honda Supra X 125 PGM FI Tahun 2006. Kenapa ya motor saya jika habis berhenti atau mau jalan kadang - kadang motor gak bertenaga, loyo, seperti motor yang mau kehabisan bensin.

Motor sudah saya servis ke bengkel AHASS, tapi masalah belum clear juga. Mohon petunjuknya.

Terima kasih
Wz Puji

Jawaban:

Hallo Mas Puji, salam detikOto, terima kasih atas pertanyaan konsultasi yang dikirimkan.

Menanggapi pertanyaan Anda mengenai motor Supra X 125 2006 yang tarikannya loyo/melempem, ada beberapa penyebab seperti saringan udara kotor, tekanan kompresi lemah, kampas kopling aus.

Kalau saringan udara kotor solusinya mudah cukup ganti dengan yang baru, kalau kompresi lemah biasanya bisa dicek di AHASS dengan compression tester tapi cara mudahnya juga bisa dengan di engkol-engkol saja.

Jika terasa ringan sekali kemungkinan benar kompresi lembah dan solusinya harus dibongkar mesin bagian head cylinder dan bloknya untuk dicek kondisi valve dan ring pistonnya apakah masih bagus atau tidak, biasanya terdapat timbunan kerak pada head cylinder dan daun klepnya dan ini bisa d bersihkan dengan diampelas dan skir klep, sedangkan jika ring piston aus bisa diganti dengan yang baru. 

Penyebab ketiga adalah kampas kopling yang aus tentu harus dicek ketebalan kampas kopling primer dan skundernya dan jika memang aus bisa diganti aja dengan yang baru.

Demikian jawaban kami, semoga dapat membantu mengatasi masalah Anda, Terimakasih.
Andriyanto - BintangMotor (sumber)

Problem Tarikan Lemah Pada Honda Supra X 125 PGM FI
Problem Tarikan Lemah Pada Honda Supra X 125 PGM FI

0 komentar: