Minggu, Agustus 26, 2018

Minggu, Agustus 26, 2018

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ*Pembangunan Sumatera Ala Jokowi*

Iwan Nurdin

Kenapa sih ngotot bangun gila-gilaan di luar Jawa. Pemilih politik itu kan Jawa, Madura Bali. Bayangkan, 110 Juta penduduk  di pulau Jawa. Buatlah jalan, listrik dan manjakan mereka, pakai BLT maka dengan mudah terpilih lagi.

Luar Jawa cukup Sumut, Sumsel. Sulawesi Selatan. Secukupnya saja. Kasih menteri kek, kasih proyek kek. Urusan pemilu selesai.

Tidak bisa begitu. Demokrasi semacam ini bisa menghancurkan bangsa kita. Kecemburuan dan ketertinggalan daerah itu biang perpecahan.  Itulah sebabnya, Sumatera Barat, meski pemilih 3 juta kurang dan Jokowi kalah, tetap dibangun dengan fantastis. Meski jalanan sepi di sana, semua terbangun dengan rapi hingga kereta bandara.

Pantai Barat Sumatera memang sedang disiapkan. Ini daerah yang menghadap India yang sedang bangkit. Ada lima kota pantai barat yang sedang disiapkan Kota Agung, Bengkulu, Padang, Sibolga dan Meulaboh. Listrik panas bumi, jalanan, hingga pendidikan vokasional juga disiapkan

Mengapa Pantai Barat? Dulu ini route perniagaan dunia. Sepi dan mati karena Terusan Suez dibuka. Bengkulu aja ditukar Inggris dengan Singapura. Karena Selat Malaka semakin melayani dunia. Sekarang, India dengan 1.2 milyar penduduknya tengah bangkit. Kita akan layani pasar India salah satunya melalui Pantai Barat.

Riau juga demikian, ini negeri kaya SDA. Sayangnya uang tersebut dan otonomi daerah dijalankan dengan korup. Pusat turun tangan, bandara, listrik, pembenahan pembalakan hutan, kebun, kabut asap, menangkap koruptor dan disiapkan jalan bahkan Tol Pekanbaru Padang. Siap dibangun.

Sumatera Selatan, Palembang sekarang adalah kota internasional. Bahkan sudah ada LRT. tol ke Bandar Lampung juga sedang disiapkan, akhir 2019 semoga sudah siap. Jadilah kembali Sumatera Bagian Selatan yakni Lampung, Sumsel, Bengkulu dan Bangka Belitung satu raksasa ekonomi, industri, migas, wisata dengan infrastruktur yang tangguh. Masterplan semacam ini harus disambut warga dan pemerintah daerahnya dengan baik.

Secepatnya migrasi penduduk desa dari Lampung, Sumsel ke Jakarta hingga ke luar negeru bisa kita hentikan. Sebab pelabuhan, tol, kereta api, bandara, irigasi pertanian dah siap. Ini syarat industrialisasi yang sangat cepat hingga pariwisata. Industri pertahanan juga pelan-pelan akan kita geser ke Lampung.

Ada banyak lagi cerita pembangunan untuk Aceh, Sumatera Utara, Jambi Bengkulu. Itulah Visi Sumatera dari Jokowi, kawan. Sumatera, sebuah pulau yang lebih besar dari Semenanjung Malaysia. Lebih kaya. Lebih banyak penduduk. Penduduk yang cerdas. Namun terpuruk karena gaya pembangunan Orba yang korup ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

#DDB

Repost dari FB

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ*Pembangunan Sumatera Ala Jokowi*

Loading...

0 komentar: