Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor bukan hanya mesin saja, tapi masih ada komponen lain yang perlu dirawat bagiannnya. Tujuannya, tentu agar tidak timbul masalah ketika sepeda motor dikendarai.
Salah satunya seperti suspensi yang harus diperhatikan kondisinya. Mulai dari kebersihan, penggantian oli suspensi, hingga pemeriksaan karet alias sil shockbreaker.
“Pemilik sepeda motor kebanyakan hanya memikirkan bagian mesin saja, padahal masih banyak bagian lain yang juga punya fungsi penting, seperti bagian suspensi depan. Jika performa bagian itu tidak baik, bisa tidak enak berkendara,” ujar Dadang, Service Advisor bengkel resmi Yamaha Persada Motor kepada KompasOtomotif, Jumat (11/3/2016).
Dadang melanjutkan, pengecekan suspensi biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali atau 10.000 sampai 12.000 km. Pada rentang waktu tersebut, oli suspensi biasanya sudah harus diganti, dan dilakukan pengecekan sil shockbreaker. Jika rusak, maka harus diganti, namun kalau masih bagus tidak perlu.
“Harga oli suspensi untuk satu botolnya Rp 15.000, dengan volume isi 150 cc. Tiap sepeda motor punya kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis Skutik dan bebek biasanya hanya butuh satu botol untuk dua sok, sport 150cc tiga botol, dan sport 250cc butuh enam botol,” ujar Dadang.
Sementara untuk harga sil sok Skutik dan bebek, kata Dadang, di harga Rp 35.000 satu sil, sport 150cc Rp 40.000 dan sport 250 cc Rp 45.000. Harga tersebut belum termasuk ongkos pemasangan. (sumber)
Loading...
0 komentar:
Posting Komentar