Jumat, Mei 27, 2016

Jumat, Mei 27, 2016

Jakarta, KompasOtomotif – Saat ini, sudah banyak konsumen yang membeli sepeda motor kedua khususnya di Ibu Kota. Bicara sepeda motor kedua, biasanya bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan standar akan transportasi, melainkan sudah masuk ke ranah hobi.

TIPS Memilih Moge Untuk Pemakaian DALAM KOTA
TIPS Memilih Moge Untuk Pemakaian DALAM KOTA
Alasan ini juga yang menyebabkan semakin banyak merek-merek yang meluncurkan Sepeda Motor Sport berkapasitas mesin 250 cc ke atas. Bahkan, ada sejumlah biker yang sudah terbiasa aktivitas sehari-harinya menggunakan jenis sepeda motor seperti ini.Namun, jika ingin mengikuti hal tersebut, ada beberpa kriteria yang bisa diperhitungkan, ketika akan memilih moge “dalam kota”.

“Sebelum membeli sepeda motor berkubikasi besar dan akan sering digunakan di dalam kota, ada beberapa pertimbangan yang bisa diperhitungkan. Tentu agar berkendara menjadi lebih nyaman,” ujar Bramatio, pemilik bengkel khusus sport, Sportisi Motorsport kepada KompasOtomotif, Sabtu (19/3/2016).

Bram melanjutkan, kriteria pertama, yaitu moge yang akan dibeli punya cooling system (pendinginan) yang baik. “Karena kondisi jalan yang tidak selalu lancar, maka pendingin sangat penting. Akan sangat repot dan merugikan kalau sedikit-sedikit mesin alami over heat,” tutur Bramantio.

Kemudian, tambah Bramantio,  punya tarikan bawah (torsi) yang besar. “Berkendara di dalam kota tidak terlalu membutuhkan tenaga dan top speed, tapi lebih ke torsi, untuk berkendara stop and go,” kata pria yang akrab disapa Bram ini.

Bram mengatakan, selain kedua syarat utama tersebut, ada lagi yang bisa jadi perhatian, di antaranya seberapa irit konsumsi bahan bakar, posisi berkendara, suspensi, dan sistem pengereman. Lebih dari itu juga pemilihan ban yang tepat sesuai dengan kondisi jalan.

“Jangan hanya perhatikan performa tanpa melihat komponen lain sebagai pendukung kenyamanan bahkan keselamatan. Dengan beberapa pertimbangan tersebut, bisa mendapatkan moge dalam kota yang pas,” ujar Bram.

Penulis : Ghulam Muhammad Nayazri
Editor : Agung Kurniawan
SUMBER

0 komentar: